Selasa, 26 April 2016

Komunitas & Volunteerism !

Dear my Lovely Bloggers ,

Salut !
Kali ini saya akan share mengenai tentang komunitas yang lagi getol saya ikuti.
Saya senang sekali berbagi, belajar, mendengarkan kisah-kisah orang sukses. Kita bisa dapatkan hal ini lewat komunitas atau organisasi yg memang punya visi misi yg kita sukai.
Selain menambah wawasan dan pengetahuan, ikut komunitas juga bisa melatih skill sosial kita. Contohnya, kegiatan Charity di campus.
Sejak saat itu, saya menjadi ketagihan ikut berpartisipasi dalam organisasi baik di campus ataupun di luar.

I love Volunteerism!
Before graduated from college, I joined several communities and event such as AIESEC, CEWEQUAT Sisterhood (sejenis dengan young on top campus ambassador khusus perempuan).

After getting my bachelor degree, saya tetap ikutan acara komunitas, saling membantu dalam bakti sosial ataupun program sosial seperti CintaJakarta & Sobat Budaya JAKARTA, ini dikarenakan saya suka budaya tinggal di jakarta tapi saya tidak tahu sama sekali tentang jakarta, unsur-unsur budaya serta kebudayaan Jakarta itu sendiri.
Saya ingin sekali belajar hal ini.

Karena di campus mesti wajib kudu non bahasa Indonesia alias wajib berbahasa Inggris all the time, ini menyebabkan saya ikutan Klub Bahasa Inggris selain menambah khazanah berbahasa juga menambah pengetahuan lain, seperti di Kemendiknas sejak tahun 2011. Saya jarang ke sana karena jarak Cikarang ke Jakarta memakan waktu 3jam an. Padahal, saya pernah menempuh waktu hanya 45menit saja ke Jakarta (jikalau tak macet). Maklum, berhubung saya anak rantau .

Namun, untuk saat ini saya hanya aktif di komunitas Fakta Bahasa Jaksel. Hampir semua bahasa ada seperti Bahasa Prancis, Jerman, Rusia, Italy, Spanyol, Korea, Mandarin, Jepang, Belanda, dan Bahasa Arab.
Oh ya, saya juga lagi menambah ilmu di sanggar budaya milik sahabat baik saya yang bernama Baddhayya Nusantara. Tarian yang diajarkan kebanyakan dari daerah Aceh seperti tari saman. Konon katanya tarian saman yang kita lihat dimainkan oleh penari itu bukan saman. Kalau saman yang ditarikan oleh sekelompok wanita namanya Tari Ratoh dan Tari Rateeb.

Kalau kalian ada yang tertarik, silakan tanya & join club yang Anda sukai.

That's all.
Merci.

Best,

Kandida


49 komentar:

  1. Wah, seru sekali mbak. Btw, selamat belajar tarian saman, tari dari kotaku itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni say.. aku udah selesai ni belajar semua gerakan nya.
      Tinggal ngelancarin lg.

      Km bisa saman y ?
      Ikutan yuk !

      Hapus
  2. Woww.. Keren amat. Banyak sekali komunitasnya. Aku cuma pernah aktif di komunitas tentang anak jalanan gitu. Itu pun pas masih di surabaya dulu. Sekarang mau coba gabung di komunitas lagi tapi masih blm nemu yang pas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Km jg keren mba.

      Wah belajar bareng anak jalanan kayaknya seru..

      Sebenarnya masih ada banyak organisasi /komunitas yg dulu pernah ku ikuti. Tapi yg masih aktif si yg saya tulis diatas.

      Hapus
  3. Seru kak. saya juga beberapa kali ikut kegiatan volunteer. sempet beberapa kali merasakan keluar daerah ampe ke luar negeri.... Selain berbagi kasih, sayang dan cinta juga gratis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi ka dodon.

      Volunteering make you become more social. Wah kalo gratis itu mah panggilan hati yaa :)
      Do it by yr heart honestly !

      Hhe

      Hapus
  4. Di Jepara ada kelas bhs inggris, tp blm ikutan. Tp komunitas lain sdh ikut, biar banyak teman

    BalasHapus
  5. Selamat berkomunitas, Kandida... asyik banget pastinya. Karena aku juga suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Susi .

      Wah Kandida jg banyak belajar dari mba ni.
      Keep Inspiring !

      Hapus
  6. Di cikarangnya dimana dulu ??

    Berkomunitas dalam bentuk apapun memang banyak manfaatnya yaa, yang paling kerasa tentu saja bertambah teman :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cikarang nya di asrama kampus mas.
      C. Baru.hhe

      Hapus
  7. Kampus nya di mana, Kandi? Di sekolahku dulu wajib berbahasa daerah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampus ku di President teh, Cikarang. Kalau sekolah ku dulu di sebrang pulau, Lampung, Pulau Sumatra.
      Wajib pake bhs daerah & ada ujian tertulis maupun lisan pakai aksara Lampung yg notabene nya kayak huruf Korea Hangeul.

      Hapus
  8. wahhh keren ya bisa berapa bahasa jadinya kak :D

    btw, aku juga lagi belajar berkomunitas gitu dan kerasa manfaatnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih mendalami bahasa semua bahasa yg ku sebut di atas yaa.

      Banyak manfaatnya, ketika dengar orang ngomong Mandarin atau pas ngebaca huruf Cyrilic kayak bhs Rusia . Jadi senang bisa baca.

      Hapus
  9. Keren kakak, selalu banyak mnfaat ya

    BalasHapus
  10. Wajib berbahasa inggris cuma ketika volunteer dengan mahasiswa negara lain. Dengan berbahasa asing itu bikin lidah sulit mengungkapkan dlm bahasa inggris. Alhasil campursari deh ketika ngobrol sm orangπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  11. WB dulu pernah kerjasama ama cewequat dan juga Sobat Budaya. Bisa jadi kamu kenal Wulan yang di Sobat Budaya ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenal bgt.

      Aku kan dulu SDM nya. Hehe.
      Yg ngerekrut tmn" laen.
      Waktu SBJ masih sedikit.

      Hapus
  12. Wahh bagus banget itu bisa belajar bahasa inggris sekaligus mengenal banyak orang

    Nice Post

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka ajen. Bisa nambah teman

      Thx dear

      Hapus
  13. Ini komunitasnya khusus mahasiswa ya Dind..? Kalau saya ikut ga masuk swbagai mahasiswa bisa ga ya? Pengen banget bisa bahasa englis nih

    BalasHapus
  14. Ini komunitasnya khusus mahasiswa ya Dind..? Kalau saya ikut ga masuk swbagai mahasiswa bisa ga ya? Pengen banget bisa bahasa englis nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, ga juga mba yul.

      Kalau mw ikutan, ada Britzone, English Club for free, dear =)

      Hapus
  15. manfaat komunitas memang banyak banget ya, Candy.. Selain dapat ilmu dan pengalaman, bisa nambah banyak teman juga. :))

    BalasHapus
  16. Waaah, ngiri deh bisa ikut banyak kominitas >,<
    Keliatannya seru banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan yuk!
      Tapi tetap utamakan prioritas mu


      Walau ikut komunitas /organisasi tetap belajar no1.
      Kalau kamu kerja, utamakan tugas kantor =)

      Hapus
  17. Wah..seru ya, belajar bahasa inggris bareng komunitas

    BalasHapus
  18. Pengen deh bisa aktif berkomunitas...

    BalasHapus
  19. Pengen deh bisa aktif berkomunitas...

    BalasHapus
  20. Oh kak kandida itu cewek, baru tahu dan baru paham. Saya pikir cowok -__-

    Sangat menarik bisa gabung di fakta bahasa tuh, berlatih banyak bahasa dan banyak menguasai bahasa selain bahasa ibu sekiranya akan memudahkan kita dalam berinteraksi dengan banyak orang luar negeri..

    Seperti kata pepatah, siapa yang menguasai bahasa, dia yang menguasai dunia..
    Kalo untuk sekarang saya sangat tertarik dengan bahasa jerman, italia, rusia, dan prancis.. tapi apa daya, belajar cuma sebatas baca kamus saja :l

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa kok.
      Aku ajaa dulu belajar otodidak.

      Untung nya sekarang ketemu komunitas yg aku bgt. Km :( bisa kok

      Hapus
  21. Tapi sayangnya komunitas bahasa di purwokerto masih jarang ada :l

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh bukan jarang ada, tapi emang belum ada -_-

      Hapus
    2. Dibuat aja mas. Sapa tau tar ada yg berminat.

      Hapus
  22. emang mbak jadi volunteer itu seruuu apalagi kalo orang2nya asik kalo ga asik ya sok asik aja ehehehe

    BalasHapus
  23. Pengen jadi anak komunitas yang bener-bener berkomunitas :))

    BalasHapus
  24. wah kak anak aiesec juga? hahaha dulu saya juga sempat ikut relawan reformis muda indonesia namanya. sekarang sih fokus belajar dan kegiatan di internal kampus aja. seru sih ikut voluntiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan. Aku cuma delegate aja pas waktu itu. Kebetulan aku menang lomba nya. Jadi ikutan Pertukaran budaya Exchange Youth nya.hehe

      Tapi tetap keep in touch sma anak Aiesec International lainnya seperti dari Thailand, Uganda, Jerman, philippines etc

      Hapus
  25. Pengen belajar bahasa Korea nih.
    Annyeong.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. μ•„λ…• ν•˜μ…”μš” Anita μ–΄γ…£λ‹ˆ

      =)

      Yuk belajar! Kemaren" si aku otodidak belajar nya.

      Hapus